8 Alasan Kita Harus Tetap Setia Sama Jilbab Segi Empat, Meski Jilbab Sudah Banyak Modelnya Sekarang

Model hijab berkembang pesat, sejak semakin banyak perempuan yang memakai hijab. Banyak teman di sekeliling kita yang tadinya tidak berhijab, mendadak berhijab, karena sudah sadar akan pentingnya menutup aurat. Komitmen untuk berhijab ini menjadi semacam fenomena melejitnya kesadaran akan menjalankan syariat secara totalitas oleh kaum muslimah di Indonesia.

Beberapa tahun yang lalu, hijab yang beredar di pasaran hanyalah hijab yang terbuat dari kain tipis polos tanpa corak apapun, disebutnya sebagai hijab paris. Tapi kini, hijab menjadi semakin artistik. Cara memakainya harus diputar-putar, diplintir-plintir, dililit-lilit, dan ditusuk aneka macam jarum. Sungguh hijab masa kini terkesan ribet.



Dilansir dari Hipwee tren model hijab tak lepas dari banyaknya public figure alias artis yang memakai hijab. Sebutlah Zaskia Adya Mecca, Shireen Sungkar, Sazkia Sungkar, Dewi Sandra, Oki Setiana Dewi, dan bahkan istri almarhum Uje, si Pipik. Tanpa sadar, mereka sudah menggerakan selera masyarakat akan model hijab modern yang terkesan glamor penuh cita rasa modernitas.

Sehingga pada akhirnya, model hijab sederhana ala kain paris sudah ditinggalkan. Lambat laun akan benar-benar lenyap dari peredaran. Kini para perempuan yang masih mengenakannya terkadang jadi terkena bullying oleh kawan-kawannya sendiri. Karena dianggapnya, model hijab kain paris sudah kuno dan kolot seperti anak sekolahan saja. Seperti kebanyakan korban bully, pasti lama-lama risih juga, dan akhirnya mengganti model hijab sederhananya jadi hijab gaul masa kini.

BACA JUGA: 
Awas! Jilbab Cepol Punuk Unta Bisa Menjebloskan Kamu ke Neraka

Tapi buat kamu yang masih setia dengan model hijab segi empat sederhana ala kain paris itu, jangan malu-malu ya. Jangan pernah merasa minder karena sejatinya, memakai hijab itu tidak perlu tampak glamor, justru harus sederhana seperti kain paris ini.



Berikut adalah beberapa alasan kita harus tetap setia sama hijab segi empat, meski hijab sudah banyak modelnya sekarang:

1. Jilbab segi empat kain paris sering dianggap sebagai jenis hijab yang paling sesuai dengan tipe segala kepribadian. Mau perempuan berwatak feminin, maupun tomboy, cocok sekali pakai model segi empat.

Jilbab kadangkala lekat sekali dengan kepribadian. Bila seorang perempuan feminin, pasti ia percaya diri bila memakai jilbab. Tapi bila ia tomboy, biasanya jadi malu kalau berjilbab. Pasti ada saja yang mengolok-olok, seperti, "wah udah jadi cewek ya sekarang... Wah udah taubat ya!"

Begitulah biasanya sindiran-sindiran yang muncul bila penggunaan jilbab dianggap lekat dengan kepribadian. Tapi kamu tak perlu khawatir karena bila memakai jilbab segi empat, anggapan demikian akan berkurang bahkan hilang. Kamu tidak akan disindiri lagi karena jilbab segi empat ini sifatnya multi karakter. Yang feminin cocok pakai, yang tomboy juga cocok.

2. Jilbab segi empat fleksibel dan cocok dipakai di segala acara

Perempuan adalah makhluk paling ribet kalau mau hadir ke suatu acara. Biasanya keribetan ini terjadi karena pakaian. Di mana perempuan selalu saja merasa pakaiannya harus sempurna. Tidak boleh kurang sesuatu apapun. Kepercayaan perempuan selalu melejit saat pakaiannya dipuji, apalagi buat para hijabers kalau dipuji kerudungnya bagus dan wajahnya jadi cantik, wah pasti langsung melayang bahagia perasaannya.

Di antara berbagai jenis jilbab yang ada. Ternyata tidak semua jilbab multifungsi, dalam arti cocok dipakai di segala jenis acara. Misalnya jilbab yang tinggal blusuk itu, sangat tidak cocok dipakai di acara yang have fun seperti pesta. Tapi sebenarnya ada satu jenis jilbab yang cocok di segala acara, yaitu jilbab segi empat. Karena jilbab ini bisa diatur sedemikian rupa agar tampilannya menarik.
 

3. Jilbab segi empat adalah jenis hijab syar'i karena polos dan tidak mencolok mata

Penggunaan hijab syar'i memang wajib untuk para hijabers karena hijab yang sesuai syariat Islam inilah yang akan mengantar penggunanya pada hakikat menggunakan hijab. Tapi ternyata hijab syar'i masihlah susah sekali ditemukan di pasaran. Karena kebanyakan produsen dan penjual jilbab selalu mengikuti selera konsumen akan jilbab gaul.

Nah, dalam kondisi demikian, kamu tak usah bingung-bingung. Beli saja jilbab segi empat karena mayoritas jenis kain, corak, dan warnanya memenuhi kaidah syar'i. Kepolosannya membuat tidak mencolok mata orang lain. Tinggal kamu kreasikan saja jilbabnya saat dipakai, agar kepolosan ini bisa cantik. Misalnya dengan memakai bros di dekat dada atau pundak.

4. Jilbab segi empat itu mudah memakainya, dibanding jilbab gaul

Inilah keistimewaan paling unggul dari jilbab lainnya. Bahwa jilbab segi empat itu mudah sekali memakainya dibanding jilbab gaul karena cukup dipeniti satu atau dua saja sudah jadi. Tidak perlu diputar-putar, sematkan sana sini, sudah jadi. Karena jilbab ini memang didesain simple.

Memakai jilbab gaul bisa memakan waktu berjam-jam. Tapi jilbab segi empat, cukup 5 menit saja rapi dan indah. Jadi waktu kamu tidak akan terbuang-buang hanya untuk berhijab. Oleh karena itu, jilbab ini cocok untuk kamu yang suka parno kalau telat hadir ke acara.

5. Jilbab segi empat bisa membuat sejuk karena tipis kainnya

Keunggulan lain dari jilbab segi empat adalah kainnya yang tipis. Jadi para hijabers tidak merasa kepanasan gerah. Tapi sayangnya, selain jadi keunggulan. Tipisnya kain juga menjadi kelemahan. Oleh karena itu jika kamu memakai jenis jilbab ini harus memakai ciput dan pandai-pandai melakukan kombinasi kain (jilbab segi empatnya dirangkap).

BACA JUGA: Alhamdulillah Sekarang Prajurit TNI Boleh Berhijab



6. Jilbab segi empat memudahkan pemakainya untuk mengambil air wudhu, tidak ribet

Coba bayangkan bila kamu sedang wudhu, tapi malah pakainya hijab gaul yang ribet. Pasti muncul dibenak kamu, malas ah copot jilbab. Dalam kasus pikiran ekstrem, pada akhirnya kamu malah pilih tayamum. Iya, kan? Aduh, konyol sekali kejadian itu. Masa ada air kok tayamum. Masa mau wudhu aja sayang kalau lepas jilbab karena pakainya lagi lama. Wah, bisa-bisa wudhumu tidak sah dan sholatmu juga tidak sah.

Nah, kalau pakai jilbab segi empat, kejadian konyol ini tidak akan terjadi. Karena kamu bisa dengan mudah memakai jenis jilbab ini. Kamu tidak takut bila lepas jilbab karena memasangnya lagi sebentar kok. Alhasil, jilbab ini akan menyelamatkan dirimu deh dari api neraka. Tahu kan kalau wudhu itu harus benar? Semua anggota tubuh yang wajib kena air ya kudu kena air, kalau tidak kelak di akhirat, tubuh yang tak terkena air itu akan muncul api.

7. Jilbab segi empat itu cepat memakainya, jadi tidak membuat capek dan kesal

Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga karena waktu bergerak maju dan sesuatu yang sudah dibelakang takkan mungkin terulang. Bayangkan bila kamu harus memakai jilbab satu jam untuk bisa rapi. Sedangkan kamu setidaknya melepas jilbab minimal 5 kali sehari (saat ambil wudhu), nah, berarti total waktu yang dihabiskan adalah 5 jam untuk berjilbab.

Wah, ini sih buang-buang waktu namanya. Padahal jilbab itu fungsinya memudahkan perempuan beraktivitas, bukan menyulitkan. Makanya pakai saja jilbab segi empat biar waktumu tidak terbuang sia-sia hanya untuk penampilan dan kecantikan.

8.Jilbab segi empat cocok untuk segala macam jenis pakaian

Selain cocok di segala jenis acara, jilbab segi empat juga cocok di segala macam jenis pakaian. Bagaimana tidak? Jilbab ini begitu fleksibel bentuknya. Warnanya juga netral. Jadi mau pakai pakaian apapun cocok aja.