5 Jilbab yang Dilarang Dipakai Oleh Muslimah, Ini Alasannya!

Tidak Seharusnya Jilbab Menjadi Gaya Hidup Modern. Harusnya Jilbab Bisa Mengajarkan Arti Dari kesederhanaan dan Menjaga Diri

Berhijab telah menjadi budaya. Hijabers, itulah sebutan untuk orang-orang yang menggandrungi budaya hijab di Indonesia. Hijab telah masuk dalam tema fashion, tema modelling, dan bahkan tema publikasi pers. Ya karena hijab kini memang telah menjadi budaya, melekat dalam sistem pengetahuan dan kebiasaan masyarakat Indonesia.



Dulu hijab hanya dikenakan oleh ibu-ibu sepuh. Jarang sekali ada yang memakai hijab, kecuali gadis pedesaan di masyarakat adat tertentu yang kental dengan Islam. Namun kini, hijab sudah merembes ke masyarakat perkotaan. Bahkan dengan sangat menggelora gairahnya. Sampai-sampai memicu munculnya komunitas-komunitas hobi hijab, alias komunitas hijabers.



BACA JUGA:
8 Alasan Kita Harus Tetap Setia Sama Jilbab Segi Empat, Meski Jilbab Sudah Banyak Modelnya Sekarang

Entah fenomena ini harus ditanggapi secara positif atau tidak. Masalahnya, para hijabers masih banyak yang salah kaprah soal hijab. Dipikirnya aurat cuma kepala, atasnya rapet, bawahnya menganga. Kepalanya si tertutup, tapi dadanya membuka, pantatnya ketat. Bukankah ini namanya salah kaprah? Ini namanya penghinaan terhadap syariat Islam oleh muslimah sendiri?
 
Astaghfirullahal'adzim... semoga saja kita tidak termasuk golongan muslimah yang merusak citra Islam seperti itu. Semoga Allah Mengampuni dosa kita bila kita pernah melakukannya. Aamiin.

Berikut di bawah ini adalah 5 jilbab yang dilarang dipakai oleh muslimah. Ini alasannya:

1. Jilbab Ketat yang Memperlihatkan Lekuk Tubuh




Jilbab ketat yang memperlihatkan lekuk tubuh sama sekali tidak boleh dipakai oleh muslimah. Karena tujuan berhijab itu kan untuk menutupi lekuk tubuh agar tidak menggoda laki-laki.  Namun sayangnya kini banyak muslimah yang malah sengaja memakai jilbab ketat agar lekuk tubuh terlihat. Dibilangnya itu seksi dan cantik. Astaghfirullahal'adzim... Semoga kita tidak termasuk jenis perempuan yang suka pamer aurat ini. Karena Allah akan Melaknatnya dan kelak memasukkannya ke neraka.

2. Jilbab yang Tampak Seperti Pakaian Laki-Laki



Jilbab yang tampak seperti pakaian laki-laki maksudnya adalah jilbab yang kelihatannya tomboy. Misalnya kerudungnya tidak menutup dada. Dilansir dalam situs Inspirasi Pagi Perempuan memakai kaos lengan panjang dan celana jeans juga tampak seperti pakaian laki-laki. Sehingga baiknya buat perempuan berhijab, hindari celana jeans dan kaos. Lebih baik pakai lajuran saja.

3. Jilbab Berbahan Transparan Menerawang dan Tipis




Jilbab berbahan transparan menerawang dan tipis paling sering digunakan oleh perempuan. Biasanya ini jilbab jenis kain paris segiempat. Harganya murah hanya kisaran Rp10.000-Rp25.000 saja. Bahannya memang tipis sekali sehingga kalau dipakai di tempat terang akan menerawang. Jilbab ini membuat rambut dan leher hijabers kelihatan. Apalagi biasanya para hijabers malah sengaja membuat jilbabnya jadi pendek, sehingga dadanya kelihatan. Sungguh ini keterlaluan. Seharusnya muslimah tidak boleh demikian.

4. Jilbab yang Mirip Seperti Wanita Jahiliyah



Jilbab yang mirip seperti wanita jahiliyah maksudnya adalah jilbab yang digunakan untuk tujuan pamer kecantikan. Jilbab bukannya untuk menutup diri dari godaan kaum adam justru digunakan untuk menarik perhatian laki-laki. Astaghfirullah... seharusnya kita tidak boleh seperti itu. Seharusnya hijab justru membuat tubuh menjadi terlindungi dari godaan dan fitnah syahwat. Maka kalau begitu, perbaikilah niat kita untuk berhijab, jilbab haruslah sesuai aturan syariat Islam. Jangan seperti wanita jahiliyah laknatullah.

5. Jilbab yang Warna dan Coraknya Menarik Perhatian




Allah sudah Memerintahkan perempuan untuk menundukkan pandangannya terhadap dunia, terutama kepada kaum adam. Jangan sampai mata perempuan bertemu pandang dengan mata laki-laki karena bisa memicu tumbuhnya nafsu birahi. Oleh karenanya Allah Menghimbau perempuan untuk berhijab agar semakin pandailah ia menundukkan pandangan.

BACA JUGA:  6 Alasan Mengapa Jilbab Sepanjang Dada Lebih Nyaman Dipakai, Apa Kamu Suka Memakainya?

Tapi sayangnya masih banyak perempuan yang berhijab tapi malah hijabnya sengaja menarik perhatian orang lain, dengan warna dan corak yang mencolok. Ini tentu saja salah. Harusnya perempuan tidak demikian. Warna hijab sebaiknya netral saja, seperti hitam, coklat, putih, hijau. Dan jangan terlalu banyak pernak-pernik hijab yang besar seperti bros, bando, tali, peniti, yang kadangkala menarik perhatian. Belum lagi bila hijabnya bercorak bunga-bunga besar, malah ini semakin menonjolkan sisi feminitas perempuan, sehingga akan berdosa.

Begitulah 5 jilbab yang dilarang dipakai oleh muslimah beserta alasannya. Kini kita sudah tahu bagaimana hijab baik dan hijab buruk. Mari segera perbaiki cara kita memilih dan memakai jilbab. Agar Allah Meridhoi tiap langkah kehidupan kita sebagai muslimah. Aamiin.